Suara dentuman terdengar beberapa kali di Jakarta hingga Bogor dini hari tadi. Apakah mungkin suara dentuman berasal dari dentuman sonic (sonic boom)?

Sonic boom terjadi ketika pesawat jet terbang dengan kecepatan melebihi kecepatan suara. TNI AU memastikan tak ada pesawat tempur yang beroperasi pada dini hari tadi.

“Tidak ada pesawat tempur TNI AU yang beroperasi di Jakarta saat ini. Semuanya berada di pangkalan mereka masing-masing,” kata Kasubdispenum Dispenau Kolonel Sus Muhammad Yuris saat dimintai konfirmasi, Sabtu (11/4/2020).

Hingga saat ini, sumber suara dentuman tersebut masih misterius. BMKG juga masih mencari sumber dentuman misterius itu.

“Masih dicari sumbernya,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana kepada wartawan, saat dikonfirmasi pagi tadi.



BMKG mencatat terjadi gempa tektonik di Selat Sunda pukul 22.59 WIB Jumat (10/4) kemarin dengan magnitudo 2,4 di 70 km arah selatan barat daya dari Gunung Anak Krakatau pada kedalaman 13 km. Namun gempa itu dinyatakan tak ada kaitannya dengan suara dentuman dini hari tadi.

“Kami belum tahu sumbernya,” kata Taufan.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga belum mengetahui sumber dentuman. PVMBG menyatakan erupsi Krakatau tidak menimbulkan suara kencang. Aktivitas gunung-gunung lain yang berdekatan dengan kawasan Jakarta-Bogor juga tidak ada yang signifikan pada dini hari tadi.

“Gunung Salak dan Gunung Gede statusnya masih normal. Tidak ada peningkatan aktivitas vulkanik yang signifikan,” kata Kepala PVMBG, Kasbani.(*end)

eramuslim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here