Tidak ada lagi hingga kini pasien positif virus corona jenis baru (Covid-19) yang dirawat di Bumi Serambi Makkah, Aceh. Hal itu setelah pasien Covid-19 berinisial AJ yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dinyatakan sembuh.

“Iya sudah negatif (pasien) AJ, sore ini baru kita terima hasil,” ujar dr Endang Mutiawati selaku Wakil Direktur Pelayanan RSUD Zainoel Abidin di Banda Aceh, Ahad (12/04/2020) kutip Antaranews.com sore ini.

Kata dr Endang, imunitas AJ telat tumbuh daripada tiga pasien positif Covid-19 Aceh lainnya yang sudah lebih dulu sembuh, sebab AJ memiliki riwayat penyakit lain, sehingga swab AJ yang keempat baru keluar hasilnya negatif Covid-19.

“Imunitasnya telat tumbuh dibandingkan orang tidak ada DM (diabetes mellitus). Rencana beliau kita pulangkan sesegera mungkin,” ujar dr Endang.

Katanya, AJ dinyatakan sembuh setelah keluar hasil pemeriksaan sampel lendir (swab) tenggorokan AJ yang ke empat dari laboratorium PIC Balitbangkes Kementerian Kesehatan di Jakarta.

Untuk diketahui, pasien positif Covid-19 di Tanah Rencong itu sebanyak 5 orang, 4 di antaranya telah sembuh, dan 1 orang lainnya meninggal dunia saat status PDP, sebelum dikonfirmasi positif.

Kata dr Endang, kini tidak ada lagi pasien terkait Covid-19 di ruang respiratory intensive care unit (RICU), cuma tersisa satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di ruang isolasi biasa.

Satu PDP itu tengah menunggu hasil swab juga.

“Alhamdulillah hari ini belum ada yang bertambah positif (Covid-19) di Aceh,” sebutnya.*

Rep: Admin Hidcom

Editor: Muhammad Abdus Syakur

Hidayatullah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here